September 23, 2010

sudut pandangku, sudut pandangmu, sudut pandangnya...

aku sedang belajar menjadi dewasa. menjadi bijaksana, menjadi sabar. tapi yang paling susah adalah menjadi orang yang berpikir dari segala sudut. menjadi manusia yang obyektif. meminimalisir ke-aku-an dalam tiap kalimat. menimimalisir keegoisan dalam tiap tidakan.

slama ini aku tidak pernah berpikir untuk belajar hal itu. apa yang ada di pikiranku, itulah yang harus aku lakukan, peduli setan dengan apa yang dikatakan orang. asal aku senang, itu sudah cukup.

sekarang aku mulai menanamkan dalam pikiranku, belum tentu sudut pandangku adalah sudut pandang yang benar dan belum tentu sudut pandang orang lain adalah yang salah. belajar memahami yang ada dalam pikiran orang lain, menyisihkan sedikit waktu untuk mengerti dan memposisikan diri sebagai orang tersebut, walaupun sulit, tapi bukanlah hal yang mustahil.

sebelum bereaksi dan mengeluarkan emosi,..dengarkan orang lain, perhatikan raut wajahnya, pahami hatinya...dan berpikirlah sekali lagi sebelum kita menumpahkan yang kita rasakan...

slalu kuingatkan pada diriku sendiri...tiap orang ingin didengar, diperhatikan, dan dipahami...tanpa terkecuali...


buenos noches,
ukiepuspita
Pin ThisShare on TumblrShare on Google PlusEmail This

1 comment:

  1. iyah seperti saat orang lain sedang curhat, kadangkala kita nggak perlu memberikan komentar atau saran berlebihan...
    cukup dengan mendengarkan,,memberikan ruang bagi dia untuk menumpahkan semuanya ... itu sudah cukup ... :)

    ReplyDelete